Skip to content


 

Seminar Satu Windu Reformasi

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengundang Bapak/Ibu dan Rekan-rekan Jurnalis untuk hadir pada seminar dalam rangka satu windu reformasi, dengan tema: “Konsolidasi Demokrasi Indonesia: Refleksi Satu Windu Reformasi”, pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 18 Mei 2006
Waktu: 10.00-13.00
Tempat : Istana Ballroom, Hotel Sari Pan Pacific Jl. MH. Thamrin, Jakarta
Pembicara : Saiful Mujani, Ph.D, DR. J. Kristiadi, dan DR. Bahtiar Effendy

Terima Kasih.

Wahyu Prasetyawan, P.hd

NB : Bila berhalangan, mohon diwakilkan.

Background:

Dihitung sejak jatuhnya rejim Orde Baru pada Mei 1998, maka usia reformasi di bidang politik sudah mencapai sewindu. Setelah sewindu berjalan, apakah cita-cita luhur reformasi politik yang intinya adalah proses demokratisasi sudah tercapai? Apakah para aktor dan lembaga politik yang ada di Indonesia sudah berhasil melaksanakan demokratisasi sebagai landasan mewujudkan suatu pemerintahan yang mampu menata kehidupan demokratis, mewujudkan supremasi hukum, dan mampu memberantas KKN?

Tema tersebut diturunkan menjadi beberapa topik. Pertama, “Evaluasi Publik atas Kinerja Sewindu Demokrasi” oleh Saiful Mujani Ph.D (Direktur Eksekutif LSI), analisis dan paparan berisi temuan atas serangkaian survei nasional LSI. Kedua, “Reformasi Lembaga-Lembaga Politik” oleh Prof. DR. Mochtar Mas’oed (Fakultas Fisipol Universitas Gadjah Mada), yang akan memaparkan capaian reformasi atas lembaga-lembaga politik di Indonesia sejak 1998 hingga 2006. Di antara lembaga-lembaga tersebut ialah DPR dan MPR, partai politik, dan eksekutif secara menyeluruh. Ketiga, “Kecenderungan Iiberal Democracy” oleh DR. Bahtiar Effendy (LSPEUI), yang akan menganalisa hubungan Islam dan negara, seperti UU tentang Aceh dan berbagai macam peraturan daerah yang mencoba, dan sebagian telah menerapkan, syariat Islam di wilayah publik. (*)

Info: Fauny Hidayat, HP 08131 443 0011 atau (021) 93003024, Website: www.lsi.or.id

11/05/2006

Untuk permintaan wawancara silakan menghubungi sekretariat kami pada alamat di bawah halaman, atau gunakan formulir kontak online.