Skip to content


 

UNDANGAN DISKUSI: AGAMA, EKONOMI DAN PERILAKU PEMILIH

Di banyak negara Islam, partai-partai dan gerakan sosial Islam tidak henti-hentinya mengkapitalisasi dukungan publik dengan cara mengekploitasi isu-isu ekonomi. Term “keadilan ekonomi” yang diintrodusir Al-Qur’an seringkali menjadi media untuk menarik simpati pemilih Muslim yang berharap-harap cemas atas masa depan ekonomi mereka di tengah kesulitan ekonomi yang makin menghimpit. Di Mesir, misalnya, kaum muda terdidik yang
belum jua mendapat pekerjaan maupun kaum miskin kota seringkali gampang dimobilisasi oleh partai Islam di Negeri Piramida itu. Pilihan kebijakan ekonomi penguasa juga seringkali dicitrakan jauh dari Al-Qur’an.

Bagaimana dengan kasus Indonesia?

Studi Pepinsky, Liddle dan Mujani (2009) menarik kita diskusikan untuk melihat seberapa jauh klaim atas apa yang disebut “political Islam”s economic advantage” mampu menarik dukungan pemilih di Indonesia. Dengan memakai serangkaian eksperimen yang ditarik dari studi-studi empirik di Indonesia, Pepinsky, Liddle dan Mujani menemukan bahwa partai-partai Islam di Indonesia berhasil meningkatkan dukungan elektoral mereka jika publik relatif tidak aware terhadap platform kebijakan ekonomi sebuah partai. Dengan kata lain, jika masyarakat menghadapi ketidakjelasan kebijakan ekonomi partai-partai, maka parpol Islam-lah yang menangguk keuntungan dari
situasi tersebut.

Untuk mendiskusikan lebih jauh studi terbaru Pepinsky, Liddle dan Mujani tersebut, kami, Lembaga Survei Indonesia (LSI), mengundang saudara-saudara untuk hadir dalam diskusi pada:

Hari/Tanggal : Kamis, 14 Mei 2009
Pukul : 10.00 WIB
Tema : Agama, Ekonomi dan Perilaku Pemilih Kita

Pembicara : Thomas B. Pepinsky (Profesor di Cornell University), Saiful Mujani (Direktur Eksekutif LSI), Ikhsan Modjo (Direktur INDEF dan Ekonom dari UNAIR), Sunny Tanuwijaya (Peneliti CSIS Jakarta)

Moderator : Burhanuddin Muhtadi (Peneliti LSI)

Tempat : Kantor LSI, Jl. Lembang Terusan No. D-57 Menteng, Jakarta Pusat

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,
Burhanuddin Muhtadi
HP: 087882154799

13/05/2009

Untuk permintaan wawancara silakan menghubungi sekretariat kami pada alamat di bawah halaman, atau gunakan formulir kontak online.