Skip to content


 

Century dan KPK Pengaruhi 100 Hari SBY

INILAH.COM, Jakarta – Lembaga Survey Indonesia (LSI) mengeluarkan hasil survei kerja SBY-Boediono dalam 100 hari pertama. Hasilnya, kasus Bank Century dan Chandra-Bibit mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap SBY-Boediono.

“Sebanyak 66,2 persen responden menilai, pengucuran dana talangan Bank Century adalah sebuah kesalahan,” ujar Peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi di kantor LSI, Jakarta, Rabu (27/1).

Kesalahan itu, kata Burhan, karena responden tidak yakin akan terjadinya krisis keuangan yang meluas karena krisis yang sedang dialami oleh Bank Century. Sementara sebanyak 27% responden menyatakan, pengucuran dana bukan kesalahan karena kalau tidak dilakukan penyelamatan Bank Century, maka akan terjadi krisis keuangan yang meluas.

Sedangkan dari kasus dua Pimpinan KPK, Bibit dan Chandra yang dikriminalisasikan di Kepolisian, sebanyak 54% respoden menyatakan puas dan setuju bahkan kasus keduanya tidak diteruskan ke pengadilan. Hal itu sesuai dengan pendapat Presiden.

Survei LSI itu dilakukan pada 7-20 Januari 2010 dengan sampel asal sebanyak 2.900 dipilih dengan teknik multistage random sampling. Jumlah sampel akhir yang dapat dianalisis, dengan response rate (berhasil diobservasi) sekitar 99% (berarti sangatbaik) adalah 2.869 responden. Berdasar jumlah sampel ini, diperkirakanmargin of error sebesar +/-2% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sumber: inilah.com

27/01/2010
23/03/2010

Testing Political Islam’s Economic Advantage: The Case of Indonesia

Oleh Thomas B. Pepinsky, Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani

01/07/2009

Survei dapatkah dipercaya?

Oleh Burhanuddin Muhtadi

Untuk permintaan wawancara silakan menghubungi sekretariat kami pada alamat di bawah halaman, atau gunakan formulir kontak online.