top of page
  • Gambar penulisYudha Sugiarto

Laporan Rilis Survei Pasca Pileg dan Pilpres 2014



Jakarta, 10 Desember 2014 – Bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, LSI (Lembaga Survei Indonesia) bersama dengan LP3ES hari ini menggelar presentasi hasil survei opini publik evaluasi pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 yang dilakukan dari 25 Oktober – 3 November 2014 lalu. Dalam presentasi tersebut, ditemukan secara umum tingkat kepuasan yang sangat tinggi (sekitar 90% responden menyatakan sangat puas atau puas) terhadap proses penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 yang lalu. Sebagian besar responden juga menyebut proses pemilu tersebut juga berlangsung bebas dan adil.


Terkait dengan isu yang sedang hangat akhir-akhir ini terkait kontroversi Perppu Pilkada yang membelah dua kubu koalisi di DPR (KMP vs KIH) yang menimbulkan perdebatan atas opsi pemilihan langsung kepala daerah oleh masyarakat seperti yang dicantumkan dalam Perppu ataupun pemilihan tidak langsung oleh DPRD yang sempat diloloskan menjadi UU No 22 terkait Pilkada oleh DPR, LSI memiliki data opini publik yang mencatat masih sangat tingginya dukungan terhadap opsi pemilihan langsung kepala daerah yang telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun terakhir. Secara nasional. 84% responden memilih opsi pemilihan kepala daerah secara langsung dan hanya sekitar 6% responden yang setuju pemilihan melalui DPRD.


Responden survei opini publik LSI ini juga mayoritas yakni sebesar 67% setuju dengan pernyataan seberapa besar pun biaya yang harus dikeluarkan, penting bahwa kepala daerah di wilayah mereka dipilih langsung oleh warganya dan bukan diwakilkan oleh pihak lain. Hanya sekitar 9% responden yang menyatakan bahwa biaya penyelenggaraan pilkada langsung terlalu mahal dan oleh sebab itu sebaiknya peilihan kepala daerah (bupati, walikota, gubernur) dilakukan oleh anggota DPRD.

Survei ini dilakukan dengan metodologi stratified random sampling terhadap WNI berusia 17 tahun ke atas sebanyak 2000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dengan tingkat MoE (margin of error) di 2.1% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan data survei lapangan berlangsung 25 Oktober 2014 – 3 November 2014.


Untuk membaca laporan lengkap hasil survei pasca Pileg dan Pilpres 2014, silahkan unduh laporan lengkapnya:


2014 -12 -10 Post Presidential National
.
Download • 824KB
2014 -12 -10_Rilis Survei Pasca Pileg da
.
Download • 955KB










1.865 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page