Skip to content


 

Menuju Pilpres 2014 Yang Lebih Berkualitas


Serangkaian survei nasional yang dilakukan LSI sepanjang 2012 menunjukkan belum adanya tokoh dengan dukungan kuat, yakni mereka yang akan dipilih secara spontan (top of mind) dengan jumlah suara rata-rata di atas 10%. Total suara yang diperoleh calon yang masuk dalam 10 besar rata-ratanya hanya sekitar 33%. Lebih dari 60% pemilih belum menentukan pilihan.

Mengapa belum ada tokoh yang cukup menonjol untuk menjadi presiden 2014? Apakah tokoh-tokoh tersebut belum dikenal secara luas? Sejumlah tokoh sudah dikenal luas tetapi ternyata tidak banyak dipilih oleh pemilih. Salah satu sebab penting, pemilih belum mengetahui kualitas tokoh-tokoh tersebut. Karena itu mensosialisasikan tokoh berserta kualitasnya akan membantu pemilih menentukan pilihan secara berkualitas atau “benar”.

Untuk mengantisipasi dan memenuhi hak rakyat untuk mengetahui tokoh yang berkualitas bagus sebagai calon presiden perlu dibuka opsi lain – selain tokoh-tokoh yang sudah beredar dikenal luas sekarang ini. Eksplorasi tokoh-tokoh ini dilakukan Januari-Mei 2012.

Untuk menilai kualitas personal seorang tokoh maka syarat minimal yang harus dimiliki adalah awareness penilai dengan semua tokoh yang dibandingkan. Penilaian harus diberikan oleh orang yang relatif lebih tahu tentang semua tokoh itu. Karena itu penilaian terhadap kualitas tokoh tidak bisa digali dari pemilih nasional pada umumnya. Siapa mereka: opinion leaders, biasa menjadi nara sumber media massa yang berpendidikan S-3 dari latar belakang beragam; para pemimpin redaksi media massa (cetak ataupun elektronik); pengusaha nasional; purnawirawan jenderal atau minimal letnan jenderal.



Hasil Rilis Selengkapnya : _Rilis Capres 2014_.pdf


28/11/2012
22/03/2010

Etzioni in Southeast Asia The Indonesia Exception

Oleh Catharin Dalpino Georgetown-University, Washington, D.C.

22/03/2010

Indonesian Democracy and the Transformation of Political Islam

Oleh Thomas B. Pepinsky, Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani

19/03/2010

Journal of Democracy: Personalities, Parties, and Voters

Oleh Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani