Skip to content


 

Rilis Survei Nasional LSI

Tren Persepsi Publik tentang Korupsi di Indonesia

Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) telah dicanangkan. Berlandaskan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 Juli 2018, Stranas PK ditujukan untuk memperkuat upaya pemerintah dalam pencegahan korupsi sejak hulu dan berdampak luas bagi kehidupan publik.

Dalam Stranas PK tersebut, terdapat tiga fokus sinergi dalam rangka pencegahan korupsi, yaitu perizinan dan tata niaga, keuangan negara, serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Meski Stranas PK tersebut baru dicanangkan namum upaya pemberantasan korupsi telah berjalan sejak awal reformasi. Karena itu, menjadi pertanyaan tentang sejauh mana kinerja pemberantasan korupsi diketahui dan dievaluasi oleh publik secara umum. Lalu, bagaimana masyarakat menilai kinerja berbagai lembaga, khususnya KPK, dalam pemberantasan korupsi. Lebih lanjut, bagaimana sikap masyarakat terhadap korupsi serta bagaimana partisipasi masyarakat untuk memberantas, atau sebaliknya, ikut melakukan korupsi.

Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka dilakukan survei nasional untuk mengetahui persepsi publik tentang korupsi. Survei tersebut dapat menjadi salah satu ukuran tentang keberhasilan pemberantasan korupsi di Indonesia menurut masyarakat umum. Selain itu, survei telah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut, yakni tahun 2016, 2017, dan 2018 sehingga diperoleh tren persepsi publik tentang korupsi.

Karena populasi survei ini adalah masyarakat umum, maka tipe korupsi yang lebih banyak ditanyakan sebagai pengalaman adalah petty corruption. Dalam Stranas PK, pengalaman korupsi ini terkait dengan penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Hasil survei ini digunakan sebagai salah satu bahan untuk untuk membuat strategi antikorupsi yang lebih efektif untuk masyarakat yang lebih luas.


Untuk membaca laporan lengkap hasil survei ini, silahkan unduh laporan lengkapnya:
RILIS_Tren Persepsi Publik tentang Korupsi di Indonesia_10 Des 2018.pdf

Untuk membaca versi bahasa inggris, silahkan unduh laporan lengkapnya:
RELEASE_Trends in Public Perception of Corruption in Indonesia_10 Dec 2018_eng.pdf

10/12/2018
22/03/2010

Etzioni in Southeast Asia The Indonesia Exception

Oleh Catharin Dalpino Georgetown-University, Washington, D.C.

22/03/2010

Indonesian Democracy and the Transformation of Political Islam

Oleh Thomas B. Pepinsky, Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani

19/03/2010

Journal of Democracy: Personalities, Parties, and Voters

Oleh Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani