Skip to content


 

Rilis Survei LSI 12 Januari 2020

PERSEPSI PUBLIK TERHADAP NEGARA-NEGARA PALING BERPENGARUH DI ASIA

Masalah-masalah internasional terutama yang terkait dengan negaranegara besar akhir-akhir ini menonjol dan memperoleh perhatian publik yang luas, baik melalui media massa konvensional maupun melalui media sosial.

Sejumlah masalah yang menonjol itu misalnya soal perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok, soal ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran, dan yang paling baru adalah soal ketegangan antara Indonesia dan Tiongkok terkait masuknya sejumlah kapal Tiongkok di perairan Natuna milik Indonesia di Laut China Selatan.

Masalah-masalah internasional dan kebijakan satu negara terhadap negara lainnya sudah lama dikaitkan dengan opini publik suatu negara (Almond, 1950; Kennan, 1951; Holsti, 1996; Patrick, 2009).

Sikap atau kebijakan suatu negara terhadap negara lain atau masalah internasional dapat dipengaruhi oleh opini publik atau sebaliknya kehadiran dan pengaruh suatu negara di negara lain secara ekonomi, politik, dan budaya dapat juga mempengaruhi opini publik di negara yang bersangkutan.

Seringkali juga, baik pihak pemerintah maupun masyarakat suatu negara menjadikan negara lain sebagai salah satu referensi dalam melakukan dan menilai perkembangan atau arah pembangunan di negara yang bersangkutan.

Dalam berbagai riset opini publik yang dilakukannya, LSI juga secara teratur menanyakan bagaimana sikap atau persepsi publik Indonesia terhadap negara-negara lain, terutama soal negara mana yang dianggap paling berpengaruh di Kawasan Asia.

Dalam melakukan riset ini, LSI bekerjasama dengan Asian-Barometer, suatu jaringan riset opini publik di negara-negara Asia, dimana LSI menjadi salah satu anggotanya.

Survei nasional paling baru tentang masalah ini dilaksanakan pada 10 – 15 Juli 2019.


Untuk membaca laporan lengkap hasil survei ini, silahkan unduh laporan lengkapnya:
MateriRilisSurnasLSI-12Januari2020.pdf

12/01/2020
22/03/2010

Etzioni in Southeast Asia The Indonesia Exception

Oleh Catharin Dalpino Georgetown-University, Washington, D.C.

22/03/2010

Indonesian Democracy and the Transformation of Political Islam

Oleh Thomas B. Pepinsky, Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani

19/03/2010

Journal of Democracy: Personalities, Parties, and Voters

Oleh Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani