Skip to content


 

Rilis Survei Nasional 03 November 2020

TREN PERSEPSI KORUPSI DI MASA WABAH COVID-19

Selama sekitar delapan bulan Indonesia berada dalam situasi wabah COVID-19, salah satu isu yang kurang diperhatikan adalah tentang korupsi dan layanan publik.

Padahal di masa wabah ini, pemerintah telah menggulirkan beberapa kebijakan untuk menanggulangi dampak wabah, khususnya dampak ekonomi wabah terhadap masyarakat. Salah satu program yang berskala besar adalah program perlindungan sosial atau program bantuan sosial (bansos). Program bansos meliputi berupa bansos paket bahan pokok, kartu sembako, bansos tunai, BLT Dana Desa, dan program PKH. Total anggaran yang sudah digelontorkan untuk program Bansos tersebut hingga Agustus 2020 sekitar Rp 92.19 triliun.

Progam-program tersebut karena sifatnya masif dan luas perlu diketahui akuntabilitasnya, termasuk kepercayaan pada institusi dalam mengawasi bantuan tersebut.

Selain program bantuan sosial, pemerintah di berbagai level juga menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Surat Izin Keluar-Masuk wilayah, dan program layanan publik di masa pandemi yang pelaksanaannya perlu diketahui, apakah terjadi penyelewengan atau tidak.

Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana tingkat persepsi korupsi menurut warga, khususnya pada masa wabah COVID-19 ini. Dalam hubungannya dengan persepsi korupsi tersebut, penting pula untuk diketahui bagaimana pengalaman warga terkait bansos, serta evaluasi terhadap kinerja dan kepercayaan pada pemerintah.

Pengetahuan akan hal-hal tersebut berguna untuk memberi gambaran kepada pengambil kebijakan akan tingkat persepsi korupsi serta kondisi layanan publik khususnya terkait wabah saat ini.

Survei ini bertujuan untuk:
Mengetahui tren persepsi warga atas tingkat korupsi pada masa wabah COVID-19. Mengetahui tren pengalaman warga terkait layanan publik, korupsi, dan program bantuan sosial pemerintah pada masa wabah COVID-19. Mengungkap tingkat kepercayaan warga terhadap pemerintah dan lembaga-lembaga lain dalam mengawasi program bantuan selama wabah COVID-19. Mengetahui variabel sosio-demografi dan eksplorasi sikap partisan yang berhubungan dengan evaluasi, sikap, dan pengalaman, serta kepercayaan warga tersebut. Menguji variabel yang secara signifikan menjadi prediktor persepsi atas tingkat korupsi.

Survei nasional paling baru tentang masalah ini dilaksanakan pada 13-17 Oktober 2020.


Untuk membaca laporan lengkap hasil survei ini, silahkan unduh laporan lengkapnya:
LSI_RILIS_TREN PERSEPSI KORUPSI DI MASA WABAH_NOV_2020_JH.pdf

03/11/2020
22/03/2010

Etzioni in Southeast Asia The Indonesia Exception

Oleh Catharin Dalpino Georgetown-University, Washington, D.C.

22/03/2010

Indonesian Democracy and the Transformation of Political Islam

Oleh Thomas B. Pepinsky, Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani

19/03/2010

Journal of Democracy: Personalities, Parties, and Voters

Oleh Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani