Skip to content


 

Evaluasi Publik terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024

Telah satu tahun masyarakat dan pemerintah hidup bersama dengan pandemi Covid-19. Ditemukannya vaksin memang memberi harapan, namun persoalan kesehatan masih menjadi satu tantangan dan tampaknya belum akan membuat situasi hidup menjadi normal dalam waktu dekat.

Kehidupan ekonomi masyarakat, seiring dengan masih seriusnya masalah kesehatan, masih menjadi tantangan yang tidak mudah, baik bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari maupun bagi pemerintah dalam memberikan respons berupa berbagai kebijakan untuk mengatasinya.

Bersamaan dengan itu, agenda-agenda pemerintahan di bidang politik tetap berjalan. Dengan keputusan pemerintah dan DPR untuk menghentikan proses revisi undang-undang pemilu, arena untuk pemilu 2024 sudah lebih jelas. Para aktor yang akan berkompetisi di dalamnya tampak mulai bersiap-siap.

Bagaimanakah sentimen atau penilaian publik terhadap kondisi nasional saat ini? Juga bagaimanakah peta awal kompetisi politik menuju Pemilu 2024? Survei nasional yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) akhir Januari lalu dapat membantu kita memberikan gambaran terhadap sejumlah pertanyaan tersebut.


Untuk membaca laporan lengkap hasil survei ini, silahkan unduh laporan lengkapnya:
Rilis-Survei Nasional LSI-22-Februari-2021.pdf


22/02/2021
22/03/2010

Etzioni in Southeast Asia The Indonesia Exception

Oleh Catharin Dalpino Georgetown-University, Washington, D.C.

22/03/2010

Indonesian Democracy and the Transformation of Political Islam

Oleh Thomas B. Pepinsky, Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani

19/03/2010

Journal of Democracy: Personalities, Parties, and Voters

Oleh Prof. William Liddle & Dr. Saiful Mujani