top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis Survei LSI 03 Maret 2022






RILIS SURVEI NASIONAL:

SIKAP PUBLIK TERHADAP PENUNDAAN PEMILU DAN MASA JABATAN PRESIDEN


Wacana perpanjangan masa jabatan presiden kembali mengemuka. Wacana ini muncul setelah Ketua Umum PKB, salah satu partai pendukung pemerintah, melontarkan ide penundaan Pemilu hingga 2027. Ia beralasan Indonesia masih dalam kondisi pemulihan ekonomi karena pandemi sehingga mengusulkan agar Pemilu ditunda. Setelahnya, beberapa ketua partai besar juga menyampaikan pendapatnya, baik cenderung pro seperti Golkar dan PAN, maupun kontra seperti PDIP dan NasDem. Elit partai lain kemudian diberitakan menolak, antara lain Gerindra dan Demokrat.


Suara-suara untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo ini pernah terdengar juga sebelumnya, ketika sejumlah pihak menyuarakan usulan tiga periode jabatan untuk presiden. Akan tetapi, setelah suara-suara tersebut mereda, wacana perpanjangan masa jabatan presiden muncul lagi.


Sejumlah pihak dari kalangan akademisi dan praktisi demokrasi di luar parlemen kemudian menunjukkan penolakan. Mereka mempertanyakan motif para pendukung usulan dan komitmen mereka terhadap demokrasi. Penundaan pemilu ditengarai akan menimbulkan kekacauan dalam demokrasi kita, tidak memiliki dasar yang kuat, dan alasan penundaan itu juga tidak bisa dipertanggungjawabkan kedaruratannya.


Bagaimana dengan suara publik? Apakah publik sebagai pemegang kedaulatan tertinggi dalam demokrasi setuju atau menolak penundaan Pemilu 2024?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyelenggarakan jajak pendapat kepada publik secara nasional di 34 provinsi di Indonesia. Jajak pendapat menanyakan sikap publik terhadap penundaan pemilu dengan berbagai alasan, apakah karena alasan ekonomi, wabah COVID-19, dan pemindahan ibukota yang baru berlangsung. Dalam jajak pendapat ini, publik juga ditanya tentang dukungan dan evaluasi mereka terhadap demokrasi, serta kondisi bangsa secara umum. Selain itu, jajak pendapat juga menanyakan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo, basis dukungan pada Pemilu 2019, dan pertanyaan sosio-demografi lainnya.


Hasil jajak pendapat diharapkan dapat memberi potret tentang sikap publik mengenai wacana penundaan Pemilu yang sedang mencuat saat ini, apakah mengkonfirmasi atau sebaliknya, membantah klaim sebagian elit politik yang berhasrat menunda Pemilu.


Untuk membaca laporan lengkap rilis survei ini, silahkan download disini:

Rilis LSI_03_Maret_2022
.pdf
Download PDF • 907KB

Untuk menyimak lengkap acara rilis kami bisa dilihat di video berikut ini:



1.773 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page