top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis LSI 05 Januari 2024



Jawa Timur adalah provinsi dengan populasi pemilih terbesar kedua setelah Jawa Barat. Jumlah pemilih di wilayah ini mencapai lebih dari 31,4 juta. Jawa Timur adalah salah satu dari tiga wilayah kunci dalam kompetisi pemilu, baik untuk pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif.


Selain itu, dalam dua pemilu terakhir (2014 dan 2019) Jawa Timur menjadi barometer kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Yang menang di Jawa Timur selama dua pemilu tersebut adalah juga pemenang di tingkat nasional.


Juga menarik untuk melihat kompetisi pemilu di Jawa Timur mengingat dua partai besar yang sering menjadi pemenang dalam pemilu legislatif di wilayah ini, yaitu PDI Perjuangan dan PKB, masing-masing memiliki calon presiden dan calon wakil presiden. Apakah dukungan terhadap kedua partai ini, misalnya, sejalan dengan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung keduanya.


Maka sangat masuk akal bila semua calon presiden dan wakil presiden terlihat sangat intensif melakukan kegiatan kampanye di Jawa Timur sebagai salah satu wilayah kunci.


Bagaimanakah peta dukungan politik kurang dari dua bulan menjelang pemilu 2024 di Jawa Timur?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, LSI melakukan survei di pertengahan hingga minggu ketiga Desember 2023 di Provinsi Jawa Timur.


RILIS LSI 05 JANUARI 2024
.pdf
Download PDF • 394KB

11.160 tampilan4 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page