top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis LSI 11 Juli 2023




Peta Kompetisi Pilpres dan Sikap Publik terhadap Isu-isu Nasional

Time: Jul 11, 2023 03:00 PM Jakarta


PENGANTAR


Pemilihan Umum (pemilu) 2024 kurang dari 250 hari lagi dan masa pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden tinggal sekitar empat bulan lagi. Dukungan elektoral terhadap para bakal calon presiden menunjukkan kian ketat persaingan terutama di antara tiga nama teratas. Tidak kalah ketat adalah dukungan elektoral tehadap nama-nama potensial bakal calon wakil presiden.


Belum ada nama bakal calon dengan dukungan elektoral dominan. Kombinasi pasangan potensi bakal calon presiden dan wakil presiden juga tampak akan ditandai dengan persaingan ketat antar pasangan calon.


Sejalan dengan peta elektoral bakal calon presiden dan wakil presiden tersebut koalisi-koalisi partai politik akan mengusung pasangan calon pun juga tampak mengarah pada kemungkinan tiga pasangan calon. Meskipun juga masih cukup terbuka kemungkinan empat pasangan calon apabila Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional dalam Koalisi Indonesia Bersatu mengajukan pasangan calon presiden dan wakil presiden.


Selain itu, sejumlah isu nasional juga menjadi perhatian publik baik dibidang hukum, maupun sosial keagamaan seperti kasus korupsi BTS, kasus Al Zaytun, dan kebijakan pemerintah mengakhiri pandemi covid 19 menjadi endemi.


Dengan mencermati dinamika perkembangan elektoral tersebut Lembaga Survei Indonesia kembali mengadakan survei nasional kepada pemilih di Indonesia. Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengambil keputusan dan juga pemilih mengenai peta dukungan pada calon dan partai politik menjelang 2024.


Download selengkapnya disini:


RILIS LSI 11 JULI 2023
.pdf
Unduh PDF • 1.25MB



2.706 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page