top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis LSI 18 April 2024




SIKAP PUBLIK TERHADAP PUTUSAN KPU, PERSIDANGAN MK, DAN ISU NASIONAL


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan secara resmi hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif pada Maret lalu. Seperti sudah diduga, pihak yang dinyatakan kalah oleh KPU melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Persidangan atas gugatan atau perselisihan hasil pemilihan umum ini menjadi perhatian luas masyarakat, terutama persidangan soal hasil Pemilu Presiden.


Hasil pemilu sesungguhnya adalah gambaran dari sikap publik, terutama untuk keberadaan pemerintahan berikut. Karena itu penting untuk mengetahui bagaimanakah sikap publik terhadap hasil pemilu yang di umumkan KPU. Apakah persidangan MK dan tuntutan yang diajukan juga sejalan dengan sikap publik, juga penting untuk diketahui.


Selain itu, pasca Pemilu 2024, sejumlah isu lain juga menarik perhatian publik nasional. Yang menonjol adalah sejumlah kasus hukum yang mencuat ke publik. Isu terkait tingkat penerimaan masyarakat (approval rating) Presiden Jokowi juga tetap menarik karena selain masih menjabat, nama Presiden Jokowi banyak disebut dalam persidangan MK.


Bagaimana pula sikap publik terhadap sejumlah isu nasional tersebut?


Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, LSI melaksanakan survei nasional pada awal April lalu ketika persidangan MK masih menjadi perhatian luas sebelum perayaan Idul Fitri 1445H



RILIS LSI 18 APRIL 2024
.pdf
Unduh PDF • 629KB



566 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page