top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis LSI 20 Agustus 2023




SEPAK BOLA KITA: ANTARA MASALAH DAN PRESTASI


PENGANTAR


Isu sepak bola, terutama sejak awal 2023 terus menjadi perbincangan hangat di publik. Sebagai olahraga rakyat yang sangat populer, tentu perhatian publik pada sepak bola adalah hal yang sangat lazim.


Belakangan soal sepak bola ini makin ramai diperhatikan karena terkait dengan sejumlah isu, baik menyangkut potensi dan prestasi, maupun masalah yang masih sering membelit dunia persebakbolaan tanah air.


Publik sempat kecewa pada April lalu karena posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 batal akibat persoalan politik terkait kedatangan timnas Israel. Perhatian publik kembali hangat setelah Indonesia berhasil menjuarai SEA Games cabang sepakbola, beberapa bulan lalu. Setelah tiga dekade, untuk pertama kalinya pada tahun 2023, timnas Indonesia berhasil menjadi juara SEA Games dengan mengalahkan Thailand. Harapan dan kebanggaan masyarakat terhadap sepakbola nasional muncul kembali. Kini, Indonesia mulai menyiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan dilaksanakan pada November – Desember tahun 2023.


Yang mencuat ke publik bukan hanya soal prestasi atau harapan. Sejumlah masalah yang membelit sepak bola seperti mafia bola terus menjadi perbincangan. PSSI yang mengurus sepak bola diharapkan mengambil langkah-langkah yang tepat agar harapan publik akan prestasi sepak bola tidak kembali layu. Masalah lain yang juga muncul adalah polemik sarana prasarana seperti stadion, kasus Jakarta Internasional Stadium (JIS), dan sebagainya.


Karena sepak bola sudah menjadi milik publik, maka sikap publik terhadapnya tentu berpengaruh. Bagaimanakah evaluasi dan persepsi publik terhadap berbagai isu sepak bola dan PSSI? Untuk itu dalam survei nasional LSI kali ini, sejumlah pertanyaan terkait sepak bola kami ajukan ke publik, dan berikut adalah pembahasannya.



RILIS LSI 20 AGUSTUS 2023
.pdf
Download PDF • 822KB

748 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page