top of page
  • Gambar penulisAdmin LSI

Rilis LSI 30 Agustus 2023


ISU-ISU NASIONAL DAN PETA KOMPETISI PILPRES & PILEG


PENGANTAR


Manuver dan pertemuan politik baik untuk kepentingan pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilu legislatif (pileg) terus dilakukan semua aktor politik dengan makin dekatnya pelaksanaan pemilu 2024.


Namun belum ada perubahan yang mencolok dari komposisi koalisi atau bakal koalisi. Memang perkembangan terbaru menunjukkan koalisi makin mengerucut ke tiga kubu saja untuk pilpres.


Saat yang sama, belum ada perubahan apapun potensi pasangan calon yang akan maju dalam pilpres. Kandidat teratas masih tiga nama, dan belum ada satupun dari ketiganya yang mengumumkan siapa cawapres yang akan mendampingi. Masih terjadi permainan saling menunggu antar bakal koalisi.


Selain masalah pemilu, isu-isu nasional mutakhir yang berkembang diwarnai berbagai isu hukum, termasuk korupsi.


Apakah stagnasi tingkat elit ini juga dibarengi dengan stagnasi peta dukungan politik di tingkat pemilih? Bagaimana pula masyarakat menilai kasus-kasus hukum yang terjadi, termasuk hubungannya dengan politik?


Untuk menjawab sejumlah pertanyaan tersebut, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei nasional tatap muka pada 3-9 Agustus, 2023. Berikut adalah sejumlah temuannya.


Download selengkapnya disini:

RILIS LSI 30 AGUSTUS 2023
.pdf
Unduh PDF • 1.08MB





3.086 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page