• Admin LSI

Rilis Survei LSI 31 Agustus 2022




Rilis Survei Nasional Lembaga Survei Indonesia:

Penilaian Publik atas Masalah-masalah Hukum Terkini dan Kinerja Lembaga Penegak Hukum

Rabu, 31 Agustus 2022.


PENGANTAR


  • Beberapa bulan terakhir sejumlah isu atau masalah hukum menarik perhatian publik dan menjadi perbincangan hingga hari ini.

  • Yang paling menonjol adalah soal pembunuhan berencana terhadap anggota Polri yaitu Brigadir J. Kasus ini menjadi perhatian masyarakat dan para pengambil kebijakan negara karena melibatkan pelaku yang adalah perwira tinggi kepolisian, penegak hukum yang semestinya mejadi tauladan dalam penegakan hukum. Kasus ini juga diduga mencerminkan masalah yang cukup mendasar yang harus dibenahi segera di tubuh kepolisian.

  • Sejumlah kasus hukum lain juga mencuat, seperti kasus korupsi di BUMN Garuda, ditangkapnya buron korupsi kelas kakap Surya Darmadi, kasus korupsi impor garam, kasus korupsi pengadaan satelit, dan lain-lain.

  • Banyaknya kasus hukum yang mencuat ke publik ini mencerminkan dua hal sekaligus. Di satu sisi masih banyak sekali masalah-masalah hukum dan penegakan hukum yang dihadapi masyarakat dan negara. Di sisi lain, ia juga mencerminkan upaya-upaya yang cukup keras dilakukan penegak hukum untuk menyelesaikannya sesuai dengan tugas yang dimandatkan.

  • Salah satu unsur penting penegakan hukum dalam negara demokrasi adalah dukungan publik kepada lembaga-lembaga penegak hukum. Hal ini terkait dengan bagaimana penilaian publik terhadap isu-isu hukum yang berkembang, kinerja para penegak hukum, dan tingkat kepercayaan terhadap lembaga-lembaga penegak hukum.

  • Mengetahui penilaian publik menjadi penting dalam hal ini. Untuk itu, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei nasional untuk melihat bagaimana persepsi publik terhadap masalah-masalah hukum yang sedang terjadi, bagaimana evaluasi publik terhadap kinerja lembaga-lembaga penegak hukum, dan bagaimana pula tingkat kepercayaan mereka kepada lembaga-lembaga tersebut.

Download laporan rilis selengkapnya disini:

Rilis - Penilaian Publik Masalah Penegakan Hukum [31-08-2022]
.pdf
Download PDF • 1.29MB



639 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua